cuma blog personal

10Mar/111

Oret-oretan

Great Services are commonly supported by excellent servers. And these servers, frequently offer many potential hidden resources, hardwares or softwares. If it is not exactly unused, then it has some "idle time".  For sure, other server can use these resources. Other  here, could mean different server at the same place, or remote server at different places that connected via Internet.  Special connection between several servers that can act as server and or client in a time leads us to P2P connection.

So, here is the Idea: exchange and reuse resources information between servers to build up new collaborated or standalone services. With a special condition, usage of hardware resources is preferred to run in virtual machine, so it doesn't ruin the real system on targeted servers. Yes, I was thinking about P2P, about Java and Virtual Machine, and also JXTA ;)

Filed under: Teknologi 1 Comment
17Dec/106

Notepad dan Eclipse != Terang Bulan dan Gerhana ??

Notepad, susah, lama, apa apa kudu diapalin .. tapi semua jadi terang benderang, tau apa yang terjadi di belakang. Naah eclipse, bikin semua gampang, cepet, dikit dikit dikasih tau, tapi .. semua jadi gelap gulita, nggak tau apa yang sebenarnya terjadi ...

tapi karena di alam, lebih sering terjadi bulan purnama, atau matahari bersinar terik, baru kadang kadang diselipin gerhana bulan atau gerhana matahari .. maka sarannya adalah .. lebih sering gunakan notepad. gunakan eclipse kalo ingin cari kutu .. :p :p

yah apa pun .. gunakan keduanya, biar tambah "asyik"

Filed under: Teknologi 6 Comments
18Sep/090

Selamat Glückwunsch Happy

Selamat Hari Raya Idul Fitri 1430 Hijriyah ;

oder Herzlichen Glückwunsch zum Fest des Fastenbrechens 1430 Hijri ;

or Happy Eid Mubarak 1430 Hijri


Apa sih Idul Fitri ?

Merupakan penanda berakhirnya bulan suci ramadhan. Bentuk syukur atas keberhasilan melewati bulan suci ramadhan. Hari ini bener bener murni terjadi karena spirit rohaniah keagamaan, nggak ada sama sekali korelasinya sama peristiwa sejarah apapun. Jadi bener bener merupakan hari penghargaan untuk orang orang yang berhasil menjalankan perintah Allah swt, berpuasa sebulan penuh di bulan ramadhan.

## Jadi kayaknya yang nggak puasa hmm ... (nggak ) boleh ikutan lebaran he he he


Kenapa Koq Perlu Dirayakan ?

Apakah Idul Fitri sebagai penanda kesenangan atas selesainya bulan ramadhan ? Bukan, tapi sebaliknya.

"It is a celebration of thanks to Allah for giving us the chance and the strength to carry out His commands in the blessed month. We are happy that we were able to fast and pray in Ramadhan, and have hopefully increased in taqwa (God-consciousness), the goal of fasting"

dan katanya Ali bin Abi Thalib a.s.

"Hari besar ini adalah hari bagi orang orang yang puasanya diterima dan ibadahnya diperhitungkan oleh Allah. Dan setiap hari akan jadi hari besar bagi orang orang yang tidak menentang aturan Allah"

## Jadi kayaknya walaupun udah puasa total, tapi abis lebaran balik lagi kayak sebelum puasa  .. juga (nggak) boleh ikutan lebaran he he he


Bagaimana Merayakannya ?

"The conception of Eid in Islam is not confined only to celebration extravagance, luxurious feasts, friendly handshakes and embraces. The Muslims should rather devote this day to the worship of God and should beseech Him to approve their virtuous deeds and forgive their sins. This is because the doors of God’s pardon are kept open this day and His Blessings are bountiful"

"The day of Eid is meant for remembering Allah. The Holy Prophet (SAW) says: Give beauty to your Eid by doing takbir”. It is said that the Prophet (SAW) himself used to come out of his home on the day of Eid, reciitng the takbir and glorifying Allah in a loud voice"

terakhir,  Taqobbalallahu Minna Waminkum

28Aug/082

Multicast dan UDL

Trend komunikasi dan pembelajaran jarak jauh udah lama banget sih marak di mana mana, termasuk Indonesia. Tulisan ini benernya juga ya udah bisa dianggap telat banget, he he he. Tapi timbang cuma disimpen aja .. kayaknya lebih baek kalo ditulis aja disini.

Ini berkaitan dengan konsep streaming multimedia dengan skema penyebarannya pake sistem multicast dan pake media gabungan antara satelit dan media kabel. Secara sederhana, skema buat implementasinya seperti gambar di bawah ini. Idenya adalah node sentral mengirim video dan audio (se-realtime mungkin) ke seluruh node penerima melalui jaringan vsat dengan menggunakan skema multicast. Penerima kemudian bisa berkomunikasi, atau juga mengirimkan video dan audio kembali ke sentral dengan skema unicast melalui jaringan kabel, yang biasanya dengan bandwidth terbatas.

Dibanding dengan menggunakan perangkat videoconference yang selama ini banyak digunakan, teknologi ini memungkinkan banyak situs tergabung, yang membatasi bukan banyaknya port perangkat keras pengaturnya, seperti yang selama ini ditawarkan oleh berbagai produsen perangkat videoconference. Satu satunya batasan buat sistem ini adalah "kebijakan dan tujuan". Ya analoginya, siapapun bisa terima sinyalnya indovision misal, tapi kan nggak bisa liat karena nggak ngerti kunci decodernya. Kalo kemudian sistem ini nggak ada kuncinya, artinya tidak mengimplementasikan pengamanan, bener bener semua bisa liat, kayak tv biasanya.

Misalkan di Indonesia, sekolah sekolah dan universitas atau instansi pemerintah mengimplementasikannya bisa kebayang lah gimana kesenjangan informasi, kualitas, komunikasi dan sebagainya bisa mulai dikurangi, biaya juga pastinya banyak berkurang. Kapan ya ..

Filed under: Teknologi 2 Comments
31Mar/081

Akhirnya .. Upgrade Juga

Finally, saya melakukan upgrade OS juga. Ini sekarang udah pake FreeBSD 7.0, dengan ports yang terupdate. Kemaren kemaren males sih .. ngebayangin konfigurasi dan ngurus tabel tabel mysql .. menjaga posting-posting dan isi isi situs dan blog laennya.

Tapi karena pada akhirnya saya ketemu dengan yang namanya bosen buat slide untuk ngajar .. he he he terlaksanakan juga upgrade systemnya. Nanti deh kalo saya lagi rajin ,.. (jutek sama slide, red.) tak ceritakan step step yang diperlukan untuk menjaga semua konfigurasi dan data yang ada.. )

Filed under: Teknologi 1 Comment
2Feb/080

Buat Gallery

Hihihi .. maunya nyoba buat gallery dan slideshow pake nggallery tapi belum berhasil udah keburu ngantuk .. jadi ya tidur aja. Gallerynya kapan kapan deh

Filed under: Teknologi No Comments