cuma blog personal

29Aug/112

Masih ada pertanyaan …

taun inipun masih ada pertanyaan "ikut lebaran kapan?" selalu ada setiap taun hal seperti ini, special di indonesia.

kalo pake rukyat, dengan ngeliat hilal di dunia real, .. nggak akan keliatan mata, soalnya jarak tenggelam matahari sama tenggelamnya bulan deket banget. kalo pake hisab, bulan emang udah lebih tinggi dari matahari, tapi belum sampe 2 derajat untuk beberapa metode hisab, dan udah lebih untuk beberapa metode hisab yang laen.

iseng, karena cuma punya desktop, liatnya pake stellarium dan hasilnya adalah, di daerah daerah endonesa, mulai biak sampe aceh, bulan lebih tinggi dari matahari, tapi belum diatas 2 derajat. pertanyaan, kenapa harus 2 derajat? apakah untuk memastikan bulan beneran masih diatas horizon saat matahari udah sempurna tenggelam?

Stellar Image, Mülheim a.d Ruhr

toh pada akhirnya hampir seluruh dunia, kecuali indonesia, menetapkan 1 syawal 1432 H pada hari selasa 30 agustus 2011.

kalo liat gambar diatas, dengan lokasi diambil di kampung bantar gebang (aka Mül(l)heim ) bulan masih dibawahnya matahari. tapi ya tetep aja lebaran ya selasa, 30 agustus 2011 juga. tapi, sekali lagi ini cuma pake stellarium, sebuah software yang nggak disebut di dalem hadist sebagai salah satu patokan :D

masalahnya adalah .. bagaimana pertimbangan pemerintah? dosa jelas ditanggung loh ya kalo ada kesalahan. kenapa koq cuma endonesa yang pake acara lebaran di 2 hari berbeda ? (eh 3 dink .. naqsabandiyah padang dah lebaran hari senen 29 agustus 2011 .. he he he) dan hanya endonesa yang jadi negara pengetok palu hari rabu, 31 agustus 2011 buat lebaran. cuma endonesa yang benar dari seluruh dunia atau ??

selalu terjadi seperti ini. dan anehnya pada hari hari raya yang laen, biasanya tidak ada tuh perbedaan hari. apa dari seluruh metode rukyat dan hisab itu cuma berbeda di 1 syawal dan waktunya kemudian jadi sama lagi kalo dah 1 muharam, sama lagi kalo udah 10 dzulhijjah. apa ada hari yang jam dan menitnya menguap hingga setelah sekian lama semua metode rukyat dan hisab itu jadi sama lagi di waktu yang laen ?

eh iya, sekadar tambahan, KBRI di berbagai negara yang notabene bagian dari pemerintah juga membuka kantornya untuk menampung jamaah lebaran hari selasa ! nah loh .. :)

tapi ya udahlah, biarkanlah itu sebagai pertanyaan, sekarang yang penting selamat hari raya idul fitri, mohon maaf lahir dan batin.

Filed under: Religi Leave a comment
Comments (2) Trackbacks (0)
  1. sama sama mas, maaf lahir dan bathin juga.

  2. Selamat Hari Raya Idul Fitri pak, mohon maaf lahir batin :)


Leave a comment

No trackbacks yet.