cuma blog personal

6Sep/083

Evaluasi Diri

Adalah sebuah kata yang dikenal banget ke ke ke .. apalagi kalo jadi bagian dari UB, bagian dari Ilkom atau bagian dari UPPTI :) .. kata ini kayaknya lagi jadi sumber masalah trend. Tapi pernah kebayang nggak kalo sebutannya kemudian berubah menjadi Muhassabah dan konteksnya diganti .. berkaitan dengan diri sendiri ?

Saya merasa beruntung ikutan tarawih di masjid ramadhan yang di hari pertama puasa, bahkan dilanjutkan lagi di kuliah subuh dan hari puasa berikutnya, membahas muhassabah ini. Hee .. ini sebuah pencerahan yang bagus untuk melakoni 30 hari ramadhan

Berangkat dengan sebuah pertanyaan sederhana, mau ngapain aja sih di bulan ramadhan ini ? puasa, banyak beristighfar, banyak beribadah ? OK .. itu baek .. tapi emang tujuannya semua itu terus apa ? takut sama Allah ? pengen masuk surga ? nggak berani nyemplung neraka ?

Jadinya inget alkisah tentang doa nya Abu Nawas ..

"Wahai Tuhan, aku tak pantas masuk ke SurgaMu, tapi aku juga tak sanggup tinggal di NerakaMu"

plus juga lagunya Once ..

"Bila Surga dan Neraka tak pernah ada, masihkah kau bersujud kepadaNya"

Intinya sih kemudian, mumpung ini di awal ramadhan, sebelum lebih jauh lagi kita berjalan. Mari kita perbaiki niat ibadah kita mulai saaat ini dan seterusnya. Bahwa tujuan ibadah kita cuma satu, menggapai ridho Allah semata. Biarkanlah pahala dan dosa itu sebagai sebuah rahasia Allah yang pada saatnya nanti akan disampaikan seadil-adilnya kepada kita. Biarkan surga dan neraka itu menunggu dan memperebutkan kita. Nggak usah dipermasalahkan dulu deh sekarang ini. Yang penting, sekali lagi, cari ridho Allah, semoga ntar diakhir segalanya kita bisa ketemu denganNya. Amin.

Filed under: Religi 3 Comments