cuma blog personal

30Aug/081

Puasa ..

Tulisan ini aku ambil dari www.eramuslim.com. Berkaitan dengan kebiasaan puasa yang telah berjalan berkali-kali. Semoga ada gunanya buat semua yang akan menjalankan puasa ramadhan. Fokusnya tulisan ini tentang aturan puasa. Kadang orang, ntah terlalu bersemangat atau karena baru sadar waktu udah mepet dan dia kudu ganti puasa, beberapa hal terkait aturan boleh nggak boleh puasa jadinya tidak dipertimbangkan lagi. Coba dibaca dulu deh, abis itu cari referensi yang lebih detail lagi biar tidak ada rasa ragu njalanin puasanya ...

Ada beberapa bentuk ibadah puasa pada waktu tertentu yang hukumnya haram dilakukan, atau setidaknya dimakruhkan hukumnya, baik karena waktunya atau karena kondisi pelakunya.

1. Hari Raya Idul Fithri

Tanggal 1 Syawwal telah ditetapkan sebagai hari raya sakral umat Islam. Hari itu adalah hari kemenangan yang harus dirayakan dengan bergembira. Karena itu syariat telah mengatur bahwa di hari itu tidak diperkenankan seseorang untuk berpuasa sampai pada tingkat haram. Meski tidak ada yang bisa dimakan, paling tidak harus membatalkan puasanya atau tidak berniat untuk puasa.

نَهَى رَسُولُ اللهِ صَلىَّ اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَنْ صِيَامِ يَوْمَيْنِ: يَوْمَ الفِطْرِ وَيَوْمَ الأَضْحَى - متفق عليه

Rasulullah SAW melarang berpuasa pada dua hari: hari Fithr dan hari Adha. (HR Muttafaq 'alaihi)

2. Hari Raya Idul Adha

Hal yang sama juga pada tanggal 10 Zulhijjah sebagai Hari Raya kedua bagi umat Islam. Hari itu diharamkan untuk berpuasa dan umat Islam disunnahkan untuk menyembelih hewan Qurban dan membagikannya kepada fakir msikin dan kerabat serta keluarga. Agar semuanya bisa ikut merasakan kegembiraan dengan menyantap hewan qurban itu dan merayakan hari besar.

3. Hari Tasyrik

Hari tasyrik adalah tanggal 11, 12 dan 13 bulan Zulhijjah. Pada tiga hari itu umat Islam masih dalam suasana perayaan hari Raya Idul Adha sehingga masih diharamkan untuk berpuasa. Namun sebagian pendapat mengatakan bahwa hukumnya makruh, bukan haram. Apalagi mengingat masih ada kemungkinan orang yang tidak mampu membayar dam haji untuk puasa 3 hari selama dalam ibadah haji.

إِنَّهَا أَيَّامُ أَكْلٍ وَشُرْب وَذِكْرِ اللهِ تَعَالى - رواه مسلم

Sesunggunya hari itu (tsyarik) adalah hari makan, minum dan zikrullah (HR Muslim)

4. Puasa sehari saja pada hari Jumat

Puasa ini haram hukumnya bila tanpa didahului dengan hari sebelum atau sesudahnya. Kecuali ada kaitannya dengan puasa sunnah lainnya seperti puasa sunah nabi Daud, yaitu sehari berpuasa dan sehari tidak. Maka bila jatuh hari Jumat giliran untuk puasa, boleh berpuasa. Sebagian ulama tidak sampai mengharamkannya secara mutlak, namun hanya sampai makruh saja.

5. Puasa sunnah pada paruh kedua bulan Sya‘ban

Puasa ini mulai tanggal 15 Sya‘ban hingga akhir bulan Sya‘ban. Namun bila puasa bulan Sya‘ban sebulan penuh, justru merupakan sunnah. Sedangkan puasa wajib seperti qadha‘ puasa Ramadhan wajib dilakukan bila memang hanya tersisa hari-hari itu saja. Sebagian ulama tidak mengharamkan melainkan hanya memakruhkan saja.

6. Puasa pada hari Syak

Hari syah adalah tanggal 30 Sya‘ban bila orang-orang ragu tentang awal bulan Ramadhan karena hilal (bulan) tidak terlihat. Saat itu tidak ada kejelasan apakah sudah masuk bulan Ramadhan atau belum. Ketidak-jelasan ini disebut syak. Dan secara syar‘i umat Islam dilarang berpuasa pada hari itu. Namun ada juga yang berpendapat tidak mengharamkan tapi hanya memakruhkannya saja.

7. Puasa Selamanya

Diharamkan bagi seseorang untuk berpuasa terus setiap hari. Meski dia sanggup untuk mengerjakannya karena memang tubuhnya kuat. Tetapi secara syar‘i puasa seperti itu dilarang oleh Islam. Bagi mereka yang ingin banyak puasa, Rasulullah SAW menyarankan untuk berpuasa seperti puasa Nabi Daud as yaitu sehari puasa dan sehari berbuka.

8. Wanita haidh atau nifas

Wanita yang sedang mengalami haidh atau nifas diharamkan mengerjakan puasa. Karena kondisi tubuhnya sedang dalam keadaan tidak suci dari hadats besar. Apabila tetap melakukan puasa, maka berdosa hukumnya. Bukan berarti mereka boleh bebas makan dan minum sepuasnya. Tetapi harus menjaga kehormatan bulan Ramadhan dan kewajiban menggantinya di hari lain.

9. Puasa sunnah bagi wanita tanpa izin suaminya

Seorang isteri bila akan mengerjakan puasa sunnah, maka harus meminta izin terlebih dahulu kepada suaminya. Bila mendapatkan izin, maka boleh lah dia berpuasa. Sedangkan bila tidak diizinkan tetapi tetap puasa, maka puasanya haram secara syar‘i.

Dalam kondisi itu suami berhak untuk memaksanya berbuka puasa. Kecuali bila telah mengetahui bahwa suaminya dalam kondisi tidak membutuhkannya. Misalnya ketika suami bepergian atau dalam keadaan ihram haji atau umrah atau sedang beri‘tikaf. Sabda Rasulullah SAW Tidak halal bagi wanita untuk berpuasa tanpa izin suaminya sedangkan suaminya ada dihadapannya. Karena hak suami itu wajib ditunaikan dan merupakan fardhu bagi isteri, sedangkan puasa itu hukumnya sunnah. Kewajiban tidak boleh ditinggalkan untuk mengejar yang sunnah.

Filed under: Religi 1 Comment
28Aug/082

Multicast dan UDL

Trend komunikasi dan pembelajaran jarak jauh udah lama banget sih marak di mana mana, termasuk Indonesia. Tulisan ini benernya juga ya udah bisa dianggap telat banget, he he he. Tapi timbang cuma disimpen aja .. kayaknya lebih baek kalo ditulis aja disini.

Ini berkaitan dengan konsep streaming multimedia dengan skema penyebarannya pake sistem multicast dan pake media gabungan antara satelit dan media kabel. Secara sederhana, skema buat implementasinya seperti gambar di bawah ini. Idenya adalah node sentral mengirim video dan audio (se-realtime mungkin) ke seluruh node penerima melalui jaringan vsat dengan menggunakan skema multicast. Penerima kemudian bisa berkomunikasi, atau juga mengirimkan video dan audio kembali ke sentral dengan skema unicast melalui jaringan kabel, yang biasanya dengan bandwidth terbatas.

Dibanding dengan menggunakan perangkat videoconference yang selama ini banyak digunakan, teknologi ini memungkinkan banyak situs tergabung, yang membatasi bukan banyaknya port perangkat keras pengaturnya, seperti yang selama ini ditawarkan oleh berbagai produsen perangkat videoconference. Satu satunya batasan buat sistem ini adalah "kebijakan dan tujuan". Ya analoginya, siapapun bisa terima sinyalnya indovision misal, tapi kan nggak bisa liat karena nggak ngerti kunci decodernya. Kalo kemudian sistem ini nggak ada kuncinya, artinya tidak mengimplementasikan pengamanan, bener bener semua bisa liat, kayak tv biasanya.

Misalkan di Indonesia, sekolah sekolah dan universitas atau instansi pemerintah mengimplementasikannya bisa kebayang lah gimana kesenjangan informasi, kualitas, komunikasi dan sebagainya bisa mulai dikurangi, biaya juga pastinya banyak berkurang. Kapan ya ..

Filed under: Teknologi 2 Comments
10Aug/087

Tentang Macro

Eh .. cukup jelas juga ternyata. Ini ceritanya tentang mencoba fitur macro yang ada pada kamera digital yang biasa tak tenteng kemana mana. Pas-pas ada obyek menarik, tawon. Suara nguing-nguingnya jelas banget deh pada waktu ngambil gambar ini. Gimana nggak jelas, bener-bener berdekatan he he he. Jadi ada tantangan, antara ngepasin fokus kamera tapi juga siap sedia menyingkir kalo si tawon ini tiba-tiba balik arah dan nuding idung pake ujung pantatnya, he he he. Itu tawon ceritanya lagi nempel di bunga asoka siang-siang agak mendung. Dia butuh banget kayaknya madu yang ada di bunga, tapi aku juga kan pengen tau kemampuan fitur macro si kamera tenteng satu ini. Jadilah kita kompromi, janjian ketemu dan hampir bersentuhan diatas sekumpulan bunga asoka merah kecil ini dengan moncongnya kamera hampir menindih sang tawon. Segitu aja ternyata kemampuan kamera saku saya.

Filed under: Dan Lain Lain 7 Comments
9Aug/080

Finally .. Published

He eh. Akhirnya setelah he he he "sedikit bete" dengan undangan undangan yang terus dateng di mailbox, dengan komentar komentar via messenger ataupun celetukan macem macem, blog yang selama ini tak utak atik sendiri di desktop kantor, setelah dipilih-pilih mana yang bisa diposting secara umum dan mana yang tidak, hari ini blog yang bisa diakses oleh siapapun dan account friendster terbuat dengan baek :)

Filed under: Dan Lain Lain No Comments