cuma blog personal

27Feb/080

Sakazakii

Wah kedengarannya banyak ya yang ribut dengan enterobacter sakazaki he he he. Ya di media, ya di internet. Lumayan mengejutkan, hasil riset IPB menunjukkan 27 % susu formula dan 40 % makanan bayi yang ada di Indonesia terkontaminasi bakteri ini. Ramenya sih kayaknya cenderung ke sikap pemerintah yang rada rada nggak ambil pusing. Semalem ada statement Mentri Kesehatan di sebuah station televisi swasta yang ya cukup aneh sih kayaknya. Kira kira gini “Ya tanyakan dulu sama penelitinya, dari mana dana penelitiannya, kenapa koq tiba tiba ada penelitian semacam ini, bener nggak hasilnya, kalo ini sudah terjawab baru kita bisa ambil tindakan”

Sebuah blog mencoba mengulas tentang bakteri ini dan juga memuat komentar dari Ketua BPOM yang membuat statement “Paling cuma bikin bayi mencret. Dan perlu diketahui bahwa Pengawas Obat dan Makanan di seluruh dunia juga melakukan hal yang sama, tidak mengumumkan merk dari susu formula yang mengandung bakteri ini” Sayangnya, statement ini diulang lagi di sebuah stasiun televisi pagi ini, rabu 27 Feb 2008.

Sebagai perbandingan, pernyataan seorang ahli dari IPB, bakteri ini punya potensi untuk menyebabkan radang otak dan radang usus, terutama untuk bayi berumur di bawah satu tahun. Nah beliau ini bertekad untuk melakukan cross check sampe ke jerman untuk memastikan kebenaran hasil yang dilakukan oleh instittusinya. Dan buat yang tertarik, akan ada jumpa pers pada hari kamis, 28 Feb 2008 besok ini.

Dengan sedikit pencet pencet google, dapet tambahan info mengenai bakteri ini. Berawal dari tahun 2002 di Amerika, muncul sebuah rekomendasi “jangan pake susu formula bubuk untuk bayi neonatal kecuali sangat terpaksa” Kemudian di tahun 2004 di New Zealand, seorang bayi meninggal di Rumah Sakit Waikato. Kecurigaan diarahkan ke sebuah produk susu formula bubuk buatan mmm.. nutricia ( waks .. anak saya juga minum susu buatan perusahaan ini mulai umur sehari he he he ) yang kebetulan digunakan di rumah sakit tersebut. Tapi kalo urusan sama enterobacter emang nggak dibatasi ke merk ini aja.

So, buat para orangtua, sementara belum tau susu formula mana yang terkontaminasi dan mana yang tidak, mungkin lebih baiknya kalo dikondisikan sedemikian rupa sehingga anak-anak bisa diberikan ASI aja deh .. atau balik ke jaman dulu ya, pake tajin )

Filed under: Kesehatan Leave a comment
Comments (0) Trackbacks (0)

No comments yet.


Leave a comment

No trackbacks yet.