cuma blog personal

14Nov/110

Pindahan

sepertinya ada rencana untuk pindah ke rumah baru yang bisa dikelola secara mandiri dan yang penting, suka suka :)

OK .. post nya diedit dan ditambahin lagi (16.11.11) .. so, pindahan dah kelar kurang blogroll aja, ntar ya tambahinnya belakangan :D

 

Filed under: Uncategorized No Comments
8Sep/110

Naek Kelas (kah) ?

Baeklah, karena merupakan ujian kenaekan kelas, itu artinya semua mata pelajaran akan diujikan. Hmmm begitu mungkin kira kira kalimat singkat seorang guru sd di depan kelas untuk mengingatkan para muridnya dan memastikan mereka akan mempelajari seluruh mata pelajaran yang ada.

Dan kalo kira kira ujianku juga buarengan semua .. (hehehe, tapi dalam bentuk yang laen lah pastinya) itu tandanya lagi ujian naek kelas nggak ya ? dan kalo iya, aku berhak naek kelas nggak ya ? Wallahu'alam ...

Filed under: Dan Lain Lain No Comments
29Aug/112

Masih ada pertanyaan …

taun inipun masih ada pertanyaan "ikut lebaran kapan?" selalu ada setiap taun hal seperti ini, special di indonesia.

kalo pake rukyat, dengan ngeliat hilal di dunia real, .. nggak akan keliatan mata, soalnya jarak tenggelam matahari sama tenggelamnya bulan deket banget. kalo pake hisab, bulan emang udah lebih tinggi dari matahari, tapi belum sampe 2 derajat untuk beberapa metode hisab, dan udah lebih untuk beberapa metode hisab yang laen.

iseng, karena cuma punya desktop, liatnya pake stellarium dan hasilnya adalah, di daerah daerah endonesa, mulai biak sampe aceh, bulan lebih tinggi dari matahari, tapi belum diatas 2 derajat. pertanyaan, kenapa harus 2 derajat? apakah untuk memastikan bulan beneran masih diatas horizon saat matahari udah sempurna tenggelam?

Stellar Image, Mülheim a.d Ruhr

toh pada akhirnya hampir seluruh dunia, kecuali indonesia, menetapkan 1 syawal 1432 H pada hari selasa 30 agustus 2011.

kalo liat gambar diatas, dengan lokasi diambil di kampung bantar gebang (aka Mül(l)heim ) bulan masih dibawahnya matahari. tapi ya tetep aja lebaran ya selasa, 30 agustus 2011 juga. tapi, sekali lagi ini cuma pake stellarium, sebuah software yang nggak disebut di dalem hadist sebagai salah satu patokan :D

masalahnya adalah .. bagaimana pertimbangan pemerintah? dosa jelas ditanggung loh ya kalo ada kesalahan. kenapa koq cuma endonesa yang pake acara lebaran di 2 hari berbeda ? (eh 3 dink .. naqsabandiyah padang dah lebaran hari senen 29 agustus 2011 .. he he he) dan hanya endonesa yang jadi negara pengetok palu hari rabu, 31 agustus 2011 buat lebaran. cuma endonesa yang benar dari seluruh dunia atau ??

selalu terjadi seperti ini. dan anehnya pada hari hari raya yang laen, biasanya tidak ada tuh perbedaan hari. apa dari seluruh metode rukyat dan hisab itu cuma berbeda di 1 syawal dan waktunya kemudian jadi sama lagi kalo dah 1 muharam, sama lagi kalo udah 10 dzulhijjah. apa ada hari yang jam dan menitnya menguap hingga setelah sekian lama semua metode rukyat dan hisab itu jadi sama lagi di waktu yang laen ?

eh iya, sekadar tambahan, KBRI di berbagai negara yang notabene bagian dari pemerintah juga membuka kantornya untuk menampung jamaah lebaran hari selasa ! nah loh .. :)

tapi ya udahlah, biarkanlah itu sebagai pertanyaan, sekarang yang penting selamat hari raya idul fitri, mohon maaf lahir dan batin.

Filed under: Religi 2 Comments
18Aug/110

La Tahzan

Tiada suatu bencana yang menimpa di bumi dan (tidak pula) pada dirimu sendiri, melainkan dia telah tertulis dalam kitab (Lauh Mahfuzh) sebelum Kami menciptakannya
(QS. Al-Hadid: 22)

Tinta pena telah mengering, lembaran-lembaran catatan ketentuan
telah disimpan, setiap perkara telah diputuskan dan takdir telah ditetapkan…

Maka…

Katakanlah: “Sekali-kali tidak akan menimpa kami, melainkan apa yang telah ditetapkan oleh Allah bagi kami.
(QS. At-Taubah: 51)

Setiap ujian menjadi anugerah, dan setiap peristiwa menjadi penghargaan
dan pahala…

Barangsiapa yang oleh Allah dikehendaki menjadi baik maka ia akan diuji
oleh-Nya.” (Al Hadits)

Karena itu, jangan pernah merasa gundah dan bersedih dikarenakan
suatu penyakit, kematian yang semakin dekat, kerugian harta, atau rumah terbakar…

Betapapun, sesungguhnya Sang Maha Pencipta telah menentukan
segala sesuatunya dan takdir telah bicara….

Usaha dan upaya dapat sedemikian rupa, tetapi hak untuk menentukan tetap mutlak milik Allah…

Pahala telah tercapai, dan dosa sudah terhapus. Maka, berbahagialah
orang-orang yang tertimpa musibah atas kesabaran dan kerelaan mereka
terhadap Yang Maha Mengambil, Maha Pemberi, Maha Mengekang lagi
Maha Lapang…

Dia tidak ditanya tentang apa yang diperbuat-Nya dan merekalah yang akan ditanyai…
(QS. Al-Anbiya: 23)

Syaraf-syaraf Anda akan tetap tegang, kegundahan jiwa Anda tak akan
reda, dan kecemasan di dada Anda tak akan pernah sirna, sebelum Anda
benar-benar beriman terhadap qadha’ dan qadar…

Jangan mengira diri kamu sanggup melakukan segala upaya untuk menahan tembok yang akan runtuh, membendung air yang akan meluap, menahan angin agar tak bertiup, atau memelihara kaca agar tak pecah.

Kamu harus menyerahkan semua hal kepada takdir agar tak ditindas
oleh bala tentara kebencian, penyesalan dan kebinasaan…

Percayalah dengan kebenaran qadha’ sebelum Anda dilanda banjir penyesalan…

Dengan begitu, jiwa Anda akan tetap tenang menjalani segala daya upaya dan cara yang memang harus ditempuh…

Dan bila kemudian hari terjadi hal-hal yang tidak kamu inginkan…
Maka itu pun merupakan bagian dari ketentuan yang memang harus terjadi…..

Jangan pula pernah berandai…
“Seandainya saja aku melakukan seperti ini, niscaya akan begini dan begini jadinya.

Tapi katakanlah, “Allah telah menakdirkan, dan apa yang Dia kehendaki akan Dia lakukan.” (Al-Hadits)

Tagged as: No Comments
12Jul/110

hi

hello blog, how are you ? alles gute bei dir ? semoga nggak kayak yang punya ya :) wong-e lage' giting. ndek ne jelas epe melene. he he he he

Filed under: Uncategorized No Comments
10Mar/111

Oret-oretan

Great Services are commonly supported by excellent servers. And these servers, frequently offer many potential hidden resources, hardwares or softwares. If it is not exactly unused, then it has some "idle time".  For sure, other server can use these resources. Other  here, could mean different server at the same place, or remote server at different places that connected via Internet.  Special connection between several servers that can act as server and or client in a time leads us to P2P connection.

So, here is the Idea: exchange and reuse resources information between servers to build up new collaborated or standalone services. With a special condition, usage of hardware resources is preferred to run in virtual machine, so it doesn't ruin the real system on targeted servers. Yes, I was thinking about P2P, about Java and Virtual Machine, and also JXTA ;)

Filed under: Teknologi 1 Comment
15Feb/110

Status iseng dari pesbuk

Satu dua hari ini, jadi sering liat liat status pesbuk yang pernah aku tulis sendiri dan juga statusnya orang. Juga link link yang ditautkan berkenaan dengan status itu. Kadang jadi senyum senyum sendiri. Lucu juga sih mengingat apa yang aku pikirkan saat itu dan mulai mengira ngira ada apa dibenaknya yang bersangkutan sampe menulis statusnya seperti itu ..

He he he, ngapain juga ya aku kira kira. Nulis status aja kadang karena iseng dan kurang kerjaan. Nah ini, mikirin kenapa status itu ditulis .. artinya bener bener luebih kurang kerjaan lagi donk ;)

Terlepas dari apapun yang mereka pikirkan, ada juga sih status yang asyik. Biasa berupa komentar spontan atas apa yang telah atau sedang dialami. Atau, yaah sok wise dan puitis gitu ..  ntah untuk memacu semangat atau abis mbaca buku buku spiritual, atau baru jadian, atau juga justru baru bubaran :D

dan hari ini status paporitku adalah .....

"my brain has two sides: on the left side, there is nothing right. on the right side, there is nothing left"

pertama mbaca mungkin belum nyaut dulu. abis baca semua dan liat lagi .. baru ngeeh ... ke ke ke ke. ini orangnya kayak gimana ya kira kira :)

Filed under: Dan Lain Lain No Comments
1Feb/110

He he he, namanya juga tukang ramal :)

Und wieder ist Jahrmarkt. Der flotte Egon ist vor dem Zelt der Handleserin stehen geblieben. Das interessiert ihn. Was wird ihm die Zukunft bringen?

Bei einer Handleserin war er noch nie. Letztes Jahr besuchte er eine Wahrsagerin. Die hatte in eine Kristallkugel geschaut. Dann hatte sie ihm Glück und Reichtum versprochen. Doch davon hat er bis jetzt noch nicht viel bemerkt. Vielleicht steht die Wahrheit in den Handlinien. Das ist ein Versuch wert.

Er betritt das Zelt und setzt sich auf einen Stuhl. Trotz einer brennenden Kerze ist es recht dunkel im Zelt. Eine bunt gekleidete Frau bittet ihn, Platz zu nehmen.

Kaum hat er seine fünf Euro bezahlt, ergreift die Handleserin seine Hände. Als sie die Falten in seiner Hand genügend lang betrachtet hat, erbleicht sie "Aus ihren Handlinien lese ich Schreckliches", flüstert die Frau. "Es wird ein böses Ende mit Ihnen nehmen. Sie werden hinter Gittern leben müssen. Das Essen wird schrecklich sein. Nicht mal Teller und Besteck werden Sie haben. Jemand wird Sie töten." Jetzt wird auch Egon ganz bleich.

"Man wird Sie zerschneiden. Man wird Sie braten". Da muss Egon lächeln. "Sie werden gefressen" flüstert die Handleserin nun. "Darf ich Sie kurz unterbrechen?", bittet Egon. "Ich möchte nämlich zuerst noch meine Schweinslederhandschuhe ausziehen. Vielleicht wird die Prognose dann etwas weniger brutal ausfallen"

Filed under: Dan Lain Lain No Comments
11Jan/114

Ini PR IPS nya Egar

Nggak tau masuk dalam sub topik apa, yang jelas Egar ada PR IPS yang tugasnya adalah menuliskan lima pengalaman penting yang menyedihkan yang pernah dilaluinya. Sepertinya sih biasa biasa aja jawaban yang diberikan. Sebagai contoh, jatuh dari sepeda. OK, ini biasa buat anak yang belajar sepeda pertama kali, walaupun yang liat ya miris juga, muka papras sebelah, perut kena stang sepeda. Sakit ya pasti. Cuma ini paling bertahan 1 atau 2 minggu dan semua beres.

Kejadian kedua dan seterusnya, berkaitan dengan kematian mbah buyut dan kebanjiran. OK lah bisa dikatakan sedih juga.

Nah, yang membuat aku jadi sedih, dengan jelas Egar menulis "Ditinggal ayah sekolah ke jerman 3 tahun" .. jeddugg, aku nggak bisa ngomong apa apa deh.

Adduhh naaaak, yang ini aku bener bener ikutan sedih mbacanya :(

Filed under: Dan Lain Lain 4 Comments
6Jan/110

Saat mandra ngomong jerman :)

Nggak tau apa alasannya, tapi tiba tiba beberapa hari ini temen temen disekitaran bantar gebang [maksudnya Muel(l)heim a.d. Rhur, red] seneng banget ngomong gaya lenong, kayak Mandra. Kalimat yang diambil kebetulan juga pas, bisa digunakan sesering mungkin di berbagai kondisi.

Kalimat yang ditiru itu kayak gini "Kita sih cuma bisa mbilangin aja, begimana begimana nya mah terserah lu aja" dengan intonasi percis seperti orang betawi ngomong.
Masalahnya adalah, kan banyak temen yang punya kawan (biar beda, nggak pake temen ngomongnya) asli jerman, atau, nggak bisa basa inggris. Jadilah si temen ini kudu njelasin kawannya itu dalam bahasa jerman.

He he he, kira kira kebayang nggak kalo kalimat ala Mandra diatas dijungkirbalikkan dalam bahasa jerman, tapi tetep dengan gaya lenong dan logat betawi yang mantap ... :)

Dan ini dia hasilnya :
Wir können nur einfach sagen, du machst ja wie du willst.....

Filed under: Uncategorized No Comments